ABSTRAK Nani Sekarningsih, Judul tesis, ?Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru Tetap di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Bekasi?. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se?Kota Bekasi di pengaruhi oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi secara siqnifikan. Penelitian ini menggunakan tiga Variabel yang terdiri dari dua variable bebas yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Kompensasi (X2) dan satu variable terikat yaitu Kinerja Guru Tetap (X3). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Tetap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se ? Kota Bekasi yang berjumlah 134 orang. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang dirumuskan oleh Slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 95 orang responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian berskala likert. Guna memenuhi persyaratan analisis data statistik, maka diadakan beberapa pengujian data antara lain normalitas data dengan uji liliforce dan homogenitas data dengan uji barthlet. Dari kedua uji tersebut data dinyatakan normal dan keragaman data homogen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial, analisis regresi linier sederhana. Dari analisa regresi linier X3 atas X1, diperoleh persamaan regresi X3 = 51,78 + 0,494 X1, dengan koefisien determinasi ( r13)2 = 0,3374. Sedangkan untuk analisis regresi linier X3 atas X2, diperoleh persamaan regresi X3 = 33,35 + 0,611X2, dengan koefisien determinasi (r23)2 = 0,4042, dan persamaan regresi linier X2 atas X1, diperoleh persamaan regresi X2 = 65,89 + 0,481X1, dengan koefisien determinasi (r12)2 = 0,2946. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi dapat mempengaruhi Kinerja Guru, sehingga perlu adanya kemampuan dan variasi kepemimpinan Kepala sekolah dan peningkatan Kompensasi di Sekolah Menengah (SMK) Negeri di Kota Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: 1. Kepada Pemerintah daerah, melalui Dinas Pendidikan diharapkan melalui hasil penelitian ini Kepemimpinan Kepala Sekolah secara signifikan mempengaruhi Kompensasi dan Kinerja Guru, untuk itu dalam menetapkan seorang Kepala Sekolah hendaknya dapat mempertimbangkan faktor-faktor. yang dapat menjadi ciri positif seorang kepala sekolah antara lain 1) Katalisator, (2) Fasilitator, (3) Pemecah masalah, (4) Penghubung sumber,(5) Komunikator . Disamping itu mampu menjadi agen perubahan / pembaruan), memiliki sifat pemberani, bertindak tegas atas permasalahan yang terjadi di sekolah dan mampu menjadi mediator dalam penyelesaiannya dan selalu berupaya meningkatkan kemampuannya secara terus-menerus sepanjang hayat, agar dapat menghadapi situasi yang rumit, tidak jelas, dan tidak menentu, serta memiliki visi dan misi yang jelas ke depan. 2. Kepada kepala sekolah, hendaknya dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin yang dapat menegakkan peraturan sekolah baik, sehingga akan menciptakan Kinerja sekolah yang tinggi. Kinerja guru yang tinggi diharapkan akan menciptakan Produktifitas yang tinggi pula, dan akhirnya akan menciptakan kualitas belajar siswa serta akan menghasilkan tamatan yang kompeten. 3. Peningkatan Kinerja Guru yaitu kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap tugas, adanya sangsi untuk setiap pelanggaran, adanya peningkatan kesejahteraan dan selalu dilakukan pengawasan dalam melaksanakan tugas, Ketercapaian kondisi diatas sangat ditentukan oleh kebijakan dan ketegasan kepala sekolah, maka disarankan kepala sekolah mengaturnya dengan membuatkan job deskriptionnya sebagai dasar Standard Operasional Prosedure (SOP) dalam mengawasi dan mengevaluasi Kompensasi yang di berikan kepada guru.
|