Tesis ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang
proses pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang ada di Jakarta
Intercultural School - Pondok Indah Elementary. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berfokus pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan sub fokus terdiri dari (1) tujuan pembelajaran, (2) kurikulum dan silabus, (3) materi ajar, (4) Pendekatan dan metode pengajaran, (5) peran siswa dan guru dalam pembelajaran, (6) evaluasi pembelajaran, dan (7) tema budaya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah etnografi yang diperkenalkan Spradley. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi partisipan, wawancara, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
model analisis Spradley yang terdiri dari empat tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Selanjutnya dilakukan pula teknik kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tujuan pembelajaran sebagai sarana pengenalan dan memberi keterampilan dasar berbahasa Indonesia, (2) kurikulum yang digunakan adalah ACTFL dan silabus tematik yang dikembangakan sesuai dengan situasi budaya di Indonesia dan sesuai perkembangan zaman, (3) materi ajar dibuat berdasarkan konteks kebutuhan komunikasi sehari-hari, (4) Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan komunikatif, integratif, dan pragmatis dengan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, (5) peran siswa dan guru sebagai mitra dalam pembelajaran, (6) Evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi dan tingkat kemahiran memberikan penilaian yang adil dan tepat.
|