Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap implemantasi Kurikulum 2013 di Tingkat Satuan Pendidikan 2013 SD Labs School Kaizen Gunung Putri Bogor dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentsi. Wawancara dilakukan kepada SD Labs School Kaizen, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru kelas, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konteks dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD Labs School Kaizen sudah jelas visi, misi, tujuan, program kerjanya. Input dalam implementasi kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik dan efektif, walaupun masih terlihat beberapa guru dan karyawan yang ijazahnya tidak linier dengan pekerjaannya. Proses Implementasi Kurikulum 2013 belum menunjukkan hasil hasil yang optimal sesuai dengan harapan pemerintah, hal itu terlihat dari proses pelaksanaan pembelajaran yang optimal diantarannya penerapan pendekatan saintifik, penerapan GLS, penyusunan instrumen dan rubrik penilaian, dan penyusuna soal berbasis hot skill (high order thinking skill). Produk dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Labs School Kaizen sudah berjalan baik, sesuai prosedur walaupun belum optimal, baik dari aspek peserta didik maupun guru. Adapun kendala implementasi kurikulum 2013 di SD labs School Kaizen meliputi kendala yang berasal dari pemerintah, guru, institusi (terutama yayasan), siswa dan orang tua siswa. Adapun strategi untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan perbaikan tata kelola atau manajemen sekolah dengan lebih baik lagi. Diharapkan bagi Institusi untuk memperbaiki sistem manajemen sekolah agar implementasi kurikulum 2013 di SD Labs School Kaizen bisa menunjukkan hasil yang optimal. Disamping itu diharapkan institusi terus memberikan pembekalan, motivasi, dan pelatihan kepada semua guru agar dapat menerapkan kurikulum 2013 secara benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.