Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Menulis
dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi
kelas X SMK Perguruan Rakyat 2 Jakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Perguruan
Rakyat 2 Jakarta berjumlah 72 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan
simpel random samplingdari populasi sampel yang diambil hanya 30 orang.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data
dengan penyebaran pertanyaan, angket, dan tes pada keterampilan menulis teks
negosiasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment,
sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,360 dan (ry2) rhitung 0,646 dengan taraf
signifikan α 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus untuk korelasi
yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 1,88 dan (ry2) sebesar 1,86. Dalam tabel
diketahui ttabel pada taraf signifikansi (α) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28
adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung sebesar 1,88 > ttabel
1,70 maka Ho ditolak sedangkan H1 diterima dan (ry2) thitung sebesar 1,86 maka
Ho ditolak sedangkan H1 diterima.
Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas diperoleh r hitung sebesar
0,360 yang berarti berada di antara 0,200 sampai 0,399 dengan demikian dapat
dikatakan bahwa nilai motivasi menulis siswa kelas X SMK Perguruan Rakyat 2
Jakarta mempunyai hubungan yang rendah karena kemampuan berpikir kritis
akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa. Sedangkat
tingkat korelasi di atas r hitung sebesar 0,646 yang berarti berada diantara 0,600
sampai 0,799 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan berpikir
kritis siswa mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi, karena kemampuan
berpikir kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi pada
siswa.
|