Abstrak  Kembali
ABSTRAK HAZRUL EDYARTA PUTRA, Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Inovasi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.2011. Penelitian ini sebagai alat untuk mengkaji (1) pengaruh implementasi system manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap inovasi guru dalam pembelajaran, (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap inovasi guru dalam pembelajaran, (3) pengaruh implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2010/2011. Hipotesis penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh langsung implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap inovasi guru dalam pembelajaran, (2) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap inovasi guru dalam pembelajaran, (3) terdapat pengaruh langsung implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis jalur. Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bekasi Jawa Barat. Sampel berjumlah 52 orang yang dipilih secara acak dari seluruh populasi guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bekasi Jawa Barat. Teknik pengambilan data untuk variabel implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 (X1) , kompetensi profesional guru (X2) dan iniovasi guru dalam pembelajaran (X3) menggunakan kuesioner skala Linkert dengan lima skala. Analisis reliabilitas untuk variabel X1, X2 dan X3 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,938, untuk variabel X2 sebesar rii = 0,948 dan untuk variabel X3 sebesar rii = 0.918. Selanjutnya, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan program excell dan prgram SPSS 17, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, terdapat pengaruh langsung implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap inovasi guru dalam pembelajaran melalui koefesien jalur ?31 = 0,421 yang signifikan pada taraf alpha 0,01 (t = 6,011, p < 0,01). Kedua, terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap inovasi guru dalam pembelajaran melalui koefesien jalur ?32 = 0,504 yang signifikan pada taraf alpha 0,01 ( t = 7,004, p < 0,01 ). Ketiga, terdapat pengaruh langsung implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap kompetensi profesional guru melalui koefesien jalur ?21 = 0,436 yang signifikan pada taraf alpha 0,05 (t = 3,430, p < 0,05). Model analisis jalur memiliki kecocokan dengan data, dimana 42 % varians inovasi guru dalam pembelajaran dapat dijelaskan oleh implementasi system manajemen mutu ISO 9001:2008, 49,5 % varians inovasi guru dalam pembelajaran dapat dijelaskan oleh kompetensi profesional guru, dan 19,1 % varians kompetensi profesional guru dapat dijelaskan oleh implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Sementara itu, secara bersama 63,9 % varians inovasi guru dalam pembelajaran dapat dijelaskan oleh implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan kompetensi profesional guru. 37,1 % sisanya dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil kajian ini mengandung implikasi bahwa implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dapat meningkatkan inovasi guru dalam pembelajaran secara langsung, maupun secara tak langsung melalui kompetensi profesional guru.