Abstrak  Kembali
ABSTRAK SOLIHIN, Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru Dengan Komitmen Organisasi Pada SMA Negeri di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur.Tesis.Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki komitmen yang dimiliki oleh guru terhadap organisasi dengan cara pembuktian hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan PasarRebo Jakarta Timur, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pasar Rebo dengan metode penelitian lapangan melalui survey, menggunakan kuesioner dengan analisis korelasi.Populasi target adalah guru SMA Negeri di kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur dan Populasi terjangkau 288 orang guru di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta timur. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling), menurut rumus Slovin dan persen kelonggaran ? = 0,05 ditetapkan sampel sebanyak 169 orang guru sebagai responden. Hipotesis penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan positip antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen organisasi, 2) terdapat hubungan positip antara disiplin kerja guru dengan komitmen organisasi, 3) terdapat hubungan positip antara gaya kepemimpianan kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan komitmen organisasi. Uji validitas menggunakan program Aplikasi SPSS 17 untuk variable gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan komitmen organisasi. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan Alpha Cronbach untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan komitmen organisasi. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas untuk variable komitmen organisasi 0,90, dan variable gaya kepemimpinan kepala sekolah 0,95, dan variable disiplin kerja guru 0,96. Data dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial.Untuk menguji hipotesis digunakan tehnik korelasi dan regresi sederhana tunggal maupun regresi sederhana ganda. Penelitian menyimpulkan sebagai berikut: pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen organisasi, dimana thitung= 9,004 > ttabel = 1,97 pada taraf nyata ? = 0,05, kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja guru dengan komitmen organisasi, dimana thitung = 4,100 > ttabel = 1,97 pada taraf nyata ? = 0,05, ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru, dimana koefisien korelasi ganda 0,675 , Fhitung = 69,364 > Ftabel = 3,05 dan koefisien determinasi 0,455 pada taraf signifikansi ? = 0,05 yang ditunjukan dengan persamaan regresi ganda ?= 9,059 + 0,467 X1 + 0,254 X2. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa komitmen organisasi dapat meningkat apabila gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru juga meningkat. Upaya peningkatan gaya kepemimpinan kepala sekolah melalui peran pemimpin yang adil, bijaksana dan demokratif serta stasional. Sedangkan upaya peningkatan disiplin kerja guru dilakukan melalui peningkatan kinerja, rasa tanggungjawab terhadap pekerjaan, dan sanggup menerima perubahan. Pada akhirnya penelitian ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan kualitas kerja guru melalui komitmen berorganisasi di sekolah Jakarta Timur, khususnya guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur dimasa yang akan datang.