Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikn
karakter di SD Smart School Al-Haamidiyah Jakarta Selatan., dari segi konteks, input, proses, maupun output. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian evaluasi dengan model CIPP. Teknik pengumpulasn data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi data (wawancara, studi dokumen dan observasi). Teknik analisis data diakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi konteks program pendidikan karakter sangat dibutuhkan di SD Smart School Al-Haamidiyah Jakarta Selatan yang sesuai dengan visi,misi serta tujuan sekolah tersebut. Dari segi input kurikulum yang digunakan kurikulum SD Smart School Al-Haamidiyah dengan panduan Kurikulum 2013. Dari segi proses diketahui bahwa pelaksaan program pendidkan karakter diintegrasikan kedalam mata pelajaran dan di realisasikan dalam pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode yang mengakomodasai 21st Century Skill. Peran serta stakeholder sangat diperlukan dalam memberikan contoh karakter yang baik. Dari segi hasil adanya kesesuaian antara target dengan realisasi siswa setelah mengikuti program pendidikan karakter. Kemampuan siswa yang dimiliki dari aspek religius, moral dan psikologis. Program berjalan dengan baik, sehingga perlu untuk dilanjutkan, namun perlu adanya pembenahan terhadap beberapa kendala yang ada di sekolah tersebut.
|