ABSTRAK Mustofa. Hubungan antara supervisi kepala sekolah dan kompensasi nonfinansial dengan kinerja guru SMPN di kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara: (1) Supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) Kompensasi nonfinansial dengan kinerja guru, (3). Supervisi kepala sekolah dan kompensasi nonfinasial secara bersama dengan kinerja guru. Penelitian dilakukan di SMPN 19, SMPN 29, dan SMPN 240 kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada bulan April 2012. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan populasi penelitian adalah guru-guru SMPN di kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sampel penelitian diambil 60 orang guru yang diambil secara acak sederhana. Data kemudian dikumpulkan dengan menggunakan instrument kuesioner. Analisis data menggunakan statistik korelasi dan regresi dengan taraf ? = 0,05. Penelitian memberikan hasil sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,457 dalam persamaan regresi sederhana ? = 134,9 + 0,45 X1. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompensasi nonfinansial dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,53 dalam persamaan regresi sederhana ? = 144,17 + 0,39 X2. Dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dan kompensasi nonfinansial secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar ry1,2 = 0,5968 dalam persamaan persamaan regresi ganda ? = 108,873 + 0,29 X1 + 0,307 X2. Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan cukup kuat antara kinerja guru dengan supervisi kepala sekolah dan kompensasi nonfinansial. Implikasi dari penelitian adalah bahwa upaya peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan peran kepala sekolah dalam memberikan supervisi kepada para guru dan memberikan kompensasi nonfinansial kepada para guru.
|