Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan factor dimensi kualitas pelayanan
kesehatan terhada peserta JKN di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2018. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel, meliputi pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur penelitian. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih tahun 2018. Desin penelitian ini adalah cross sectional. Dengan jumlah populasi sebanyak 1037 orang, dan sampel sebanyak 122 orang diambil dengan rumus uji hipotesis beda dua proporsi. Tekhnik analisis data menggunakan, uji chi-square, uji regresi linear berganda. Hasil penelitian di temukan ada hubungan antara (tangibles) bukti fisik (reliability)
kehandalan, (responsiveness) daya tanggap, (assurance) jaminan, (emphaty) perhatian terhadap kepuasan peserta JKN dengan nilai p < 0,05. Pada analisis multivariate uji regresi logitik berganda di peroleh variabel (assurance) diperoleh dengan nilai Exp (B) yaitu, 11,041 (3,456-35,275) yang artinya Assurance mempunyai hubungan 11,041 kali terhadap kepuasan peserta JKN. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk Rumah Sakit Islam dalam hal meningkatkan dimensi kualitas pelayanan maka rumah sakit perlu melakukan hal-hal konkret dengan membentuk tim mutu untuk setiap uni antara lain, pekerjaan yang senantiasa
memberikan arahan bagi peningkatan kesadaran akan kualitas dan komitmen pribadi antara dokter, perawat, dan petugas administrasi agar selalu memberikan pelayanan yang ramah, sopan, akurat, cepat, dan memuaskan.
|