Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk Menganalisis Responsiveness Pelayanan Rekam Medis di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Harapan Jayakarta tahun 2017. Metode yang digunakan adalah Kualitatif yang melihat Responsiveness berdasarkan Sumber Daya Manusia, Fasilitas, Anggaran, Kebijakan/ Prosedur, dan Proses pada pelayanan rekam medis di unit rawat jalan RS Harapan Jayakarta Tahun 2017. Disain penelitian yang digunakan adalah kualitatif study kasus dengan alat ukur Pedoman wawancara, Observasi dan FGD. Informan dalam penelitian ini adalah wadir medis, manager pelayanan medis dan keperawatan, kepala unit rekam medis, kepala unit rawat Jalan, pelaksana rekam medis, laboratorium, poliklinik, radiologi dan pasien. Hasil penelitian menunjukan Responsiveness pelayanan rekam medis di RS Harapan Jayakarya masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh ketidakjelasan pelaksanaan job description, fasilitas seperti rak penyimpanan status dan komputer, keterbatasan sumber daya, dan anggaran. Implikasi dari penelitian ini adalah Rumah Sakit Harapan Jayakarta dalam jangka Panjang perlu melakukan penambahan fasilitas di Unit Rekam Medis baik di Lingkup rekam medis ataupun di bagian pendaftran. Selain itu, kepala unit rekam medis juga dituntut untuk membuat Job Desk yang jelas pada setiap shiftnya agar pelaksanaan fungsi Assembling, coding, filling dan distribusi tidak dilakukan oleh satu orang saja, tapi ada bagian – bagiannya. Selain itu, penting untuk diperhatikan latar belakang pendidikan petugas rekam medis dan pendaftaran agar lebih sesuai dengan bidangnya. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka responsiveness pelayanan rekam medis menjadi kurang dan tidak memenuhi standart pelayanan. Hal tersebut berakibat pada terganggunya proses pelayanan yang berdampak pada kepuasan pasien.