Tesis ini bertujuan mengetahui gambaran dan layanan rawat inap di RS Pelni
dengan menggunakan Balanced Scorecard berdasarkan perspektif keuangan,
perspektif pelangan, perspektif proses bisnis internal, perpertif pembelajaran dan
pertumbuhan serta penerapannya di unit rawat inap Rumah Sakit Pelni Jakarta.
Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan
mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap para kepala bagian, perawat ruangan serta pasien dan keluarga pasien. Pengolahan data dilakukan dengan menarik kesimpulan dari hasil wawancara secara individu maupun secara kelompok, dan hasil kuesioner respoden. Data yang terkumpul tersebut disajikan dalam bentuk uraian naratif dan dilengkapi dengan matriks hasil wawancara, serta penyajian data yang didukung oleh dokumentasi dan hasil observasi selama dilapangan. Penelitian ini menganalisis kinerja pelayanan menggunakan metode Balanced Scorecard dilihat dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis proses dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari ke empat perspertif tersebut di temukan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang perlu perbaikan kinerja
terkait dengan kepuasan pegawai dalam memberikan pelayanan, kompetensi, dan
retensi pegawai. Harapan penelitian ini dapat menjadi perhatian bagi management Rumah Sakit Pelni agar kinerja yang berkaitan dengan pembelajaran dan pertumbuhan dapat diperbaiki dan ditingkatkan sehingga tidak berdampak buruk dan merugikan perusahaan terkait dengan Sumber Daya Manusia yang berpotensi dan loyal terhadap perusahaan.
|