ABSTRAK Dyah Sapta Wulandari: ?Implementasi Kebijakan Mnajemen ISO 9001,2008 dalam Rangka Meningkatkan Kulitas Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 99 Jakarta? Tesis: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012. Tesis ini bertujuan untuk meneliti: 1. Bagaimana Implementasi Kebijakan Manajemen ISO 9001,2008 dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMA Negeri 99 Jakarta. 2. Kendala yang dihadapi dalam implementasi kebijakan Manajemen ISO 9001,2008 dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 99 Jakarta. 3. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan menejemen ISO 9001,2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kualitatif yang berusaha mendiskripsikan dan menyajikan hasil penelitian secara lengkap sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 99 Jakarta, yaitu salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan kebijakan Manajemen ISO 9001, 2008 sejak tahun 2007. Setelah lebih dari 3 tahun diimplementasikannya kebijakan ini, pada Tahun ajaran 2010/2011 SMA Negeri 99 Jakarta berhasil meraih peringkat pertama sekolah negeri dengan perolehan hasil Ujian Nasional (UN) terbaik di Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan kepada 74 orang peserta didik, 12 orang guru dan karyawan, 5 orang tua peserta didik, 5 orang alumni. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama,Implementasi kebijakan manajemen ISO 9001,2008 dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 99 dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dengan rata-rata tingkat kepuasan pelanggan mencapai 82%. Dengan memprioritaskan beberapa bidang kegiatan yang harus segera diperbaiki dan ditingkatkan, antara lain: 1) Kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruang kelas. 2) Kelengkapan dan kesiapan alat dalam proses belajar mengajar 3) Laboratorium yang luas dan lengkap 4) Meja dan Kursi dalam kondisi baik dan tertata rapi Kedua, kendala ? kendala Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001,2008 di SMA Negeri 99 Jakarta antara lain menyangkut perubahan sikap, mental, prilaku seluruh unsur yang ada di sekolah, masih rendahnya self-initiative, sense of quality dan sense of rensposibilty hal tersebut diatas merupakan factor yang menghambat efektifnya Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001,2008. Ketiga, implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMA Negeri 99 Jakarta membawa dampak yang sangat positif yaitu a). Membuat system kerja menjadi standar yang terdokumentasi, b). Mmenjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sistem manajemen yang ditetapkan, c). Semangat pegawai ditingkatkan karena mereka merasa adanya kejelasan kerja sehingga mereka bekerja dengan efisien, d). adanya kejelasan hubungan antara bagian yang terlibat dalam melaksanakan suatu pekerjaan, e).dapat menstandarisasi berbagai kebijakan dan prosedur kerja yang berlaku di seluruh organisasi sekolah, f). menetapkan suatu dasar yang kokoh dalam membangun sikap dan keinginan bagi setiap kemajuan atau peningkatan, g). .meningkatkan image mutu organisasi sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan mutu lulusan demi terpenuhinya customer Menyadari akan besarnya manfaat dari penerapan Manajemen ISO 9001,2008 dalam meningkatkan profesionalisme dan performence lembaga pendidikan, maka sejak tanggal 14 April 2007, SMA Negeri 99 Jakarta telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001,2008 dan pada tanggal 23 November 2009 telah berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001,2008.yang dikeluarkan oleh WQA (Worldwide Quality Assurance).
|