Tesis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mengetahui evaluasi
implementasi bantuan pemerintah kurikulum 2013 Direktorat Pembinaan Guru
Pendidikan Dasar Jakarta. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode evaluasi
dengan pendekatan kualitatif dengan pendekatan sistem yang memodifikasi dengan
menggabungkan model CIPPO dari Stufflebeam dan model Logic dari Laurel House.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara, angket, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari Kepala Sub Direktorat (Kasubdit)
Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karir (PKPK), Kepala Seksi (Kasi) Penilaian
Kinerja dan Pengembangan Karir (PKPK), Penyelenggara (Kepala Sekolah), Instruktur,
Operator, dan Peserta (Guru). Teknik analisis data dengan reduksi data (memilih dan memiliah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan
verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Jakarta telah melaksanakan implementasi bantuan pemerintah kurikulum 2013 dengan baik dengan model CIPPO menunjukan bahwa evaluasi implementasi bantuan pemerintah kurikulum 2013 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Model CIPPO yang tertinggi pada komponen masukan (inputs) dan Produk (product) sebesar 93,8%. Sedangkan terendah pada komponen proses (process) sebesar 90,5%.
|