Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika peserta didik kelas XI. Metode pembelajaran yang diambil dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan metode pembelajaran problem solving, sedangkan gaya belajar terdiri dari gaya belajar mandiri dan gaya belajar tergantung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika peserta didik Kelas XI. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Cibinong Kabupaten Bogor pada peserta didik kelas XI semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Jumlah sampel 48 orang dengan rincian 12 orang bergaya belajar mandiri, 12 orang bergaya tergantung belajar berasal dari kelas yang diajar dengan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan 12 orang bergaya belajar mandiri, 12 orang bergaya belajar tergantung berasal dari kelas yang diajar dengan metode pembelajaran problem solving. Data gaya belajar diambil dengan menggunakan instrumen gaya belajar yang disusun berdasarkan indikator yang relevan, sedangkan data Prestasi Belajar matematika kelas XI diambil dengan menggunakan instrumen ulangan akhir semester genap. Keterandalan instrument tes Prestasi Belajar Matematika dengan rumus Kuder Richardson (K-R. 20). Hasil Uji Coba menunjukkan bahwa keterandalan instrumrn tes hail belajar matematika r11 = 0.911. Hipotesis diuji dengan analisis varians ( Anava ) dua arah.