Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stragi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Sunda peserta didik kelas VIII (Delapan). Metode pembelajaran yang diambil dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Induktif dan strategi pembelajaran deduktif, sedangkan motivasi belajar terdiri dari motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara strategi mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Sunda peserta didik Kelas VIII (delapan). Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor pada peserta didik VIII (delapan) semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Jumlah sampel 80 orang dengan rincian 20 orang mempunyai motivasi belajar tinggi, 20 orang mempunyai motivasi belajar rendah berasal dari kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Induktif dan 20 orang bermotivasi belajar tinggi, 20 orang bermotivasi belajar rendah berasal dari kelas yang diajar dengan metode deduktif. Data motivasi belajar diambil dengan menggunakan instrumen motivasi belajar yang disusun berdasarkan indikator yang relevan , sedangkan data hasil belajar bahasa Sunda Kelas VIII (Delapan) diambil dengan menggunakan instrumen ulangan tengah semester genap. Keterandalan instrument tes hasil belajar bahasa Sunda dengan rumus Kuder Richardson (K-R. 20). Hasil Uji Coba menunjukkan bahwa keterandalan instrumen tes hail belajar bahasa Sunda r11 = 0.911. Hipotesis diuji dengan analisis varians ( Anava ) dua arah.