Penelitian ini merupakan proses antara sebagai alat yang bertujuan untuk
mengkaji adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar kewirausahaan, pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar kewirausahaan; dan pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap konsep diri. Hipotesis yang di uji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap prestasi belajar kewirausahaan; (2) Terdapat pengaruh langsung konsep diri terhadap prestasi belajar kewirausahaan; (3) Terdapat pengaruh langsung perhatian
orang tua terhadap konsep diri. Dengan mengambil lokasi penelitian di Kabupaten Bogor dengan metode survey, populasi target adalah seluruh peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se Kabupaten Bogor berjumlah 3.450 peserta didik dengan populasi terjangkaunya adalah peserta didik kelas XII berjumlah 1.421 peserta didik dengan sampel sebanyak 142 diambil dengan teknik random sampling.
Instrumen penelitian untuk perhatian orang tua dan konsep diri menggunakan
kuisioner dan prestasi belajar kewirausahaan diperoleh melalui tes prestasi belajar
kewirausahaan. Sebelum digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan realibilitasnya. Hasil uji coba menunjukan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : instrumen Perhatian Orang Tua dengan koefisien reliabilitas 0,907; instrumen Konsep Diri dengan koefisien reliabilitas 0,906 dan instrumen Prestasi belajar Kewirausahaan dengan koefisien reliabilitas 0,896, analisis data menggunakan SPSS versi 16 for windows.
|