ABSTRAK Sukesi. Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepada Sekolah dan Profesional Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Rangkasbitung. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta, 2012. Tesis ini bertujuan adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, pengaruh kompetensi professional guru terhadap kepuasan kerja guru, pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru. Penelitian menggunakan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri se-Kecamatan Rangkasbitung dengan jumlah guru 201 orang. Jumlah sample 67 orang, yang ditentukan berdasarkan perhitungan Sloving. Teknik pengambil sample menggunakan metode cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh langsung antara Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3) dengan koefisien jalur sebesar 0.2277 hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka akan semakin meningkat kepuasan kerja guru. Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) terhadap Kompetensi Profesional Guru (X2) dengan koefisien jalur sebesar 0,6924, hasil ini menunjukkan bahwa semakin kepemimpinan kepala sekolah maka meningkat kompetensi professional guru. Terdapat pengaruh langsung antara Kompetensi Profesional Guru (X2) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3) dengan koefisien jalur sebesar 1,1924, hasil ini menunjukkan bahwa semakin meningkat Kompetensi Professional Guru maka akan semakin meningkat Kepuasan Kerja Guru. Penelitian ini berimplikasi betapa pentingnya melaksanakan kepemimpinan situasional kepala sekolah yang efektif supaya dapat meningkatkan kepuasan kerja guru SMP Negeri Rangkasbitung.
|