ABSTRAK RisdaWahab. Hubungan Kompetensi Petugas Perpustakaan Sekolah Dan Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Mutu Layanan Perpustakaan Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI ) SMA di Jakarta Selatan. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas: Kompetensi petugas perpustakaan sekolah (X1) dan Manajemen Berbasis Sekolah (X2) dengan variabel terikat Mutu layanan perpustakaan (Y). Dalam penelitian terdapat tiga hipotesis yaitu : 1) Terdapat hubungan positif antara Kompetensi petugas perpustakaan sekolah dengan Mutu layanan perpustakaan 2) Terdapat hubungan positif antara Manajemen Berbasis Sekolah dengan Mutu layanan perpustakaan 3) Terdapat hubungan positif antara Kompetensi petugas perpustakaan sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah secara bersama-sama dengan Mutu layanan perpustakaan. Penelitian telah dilaksanakan pada tiga sekolah RSBI-SMA di Jakarta Selatan yaitu : SMAN 8, SMAN 28 dan SMAN 70 dengan metode survey. Sampel penelitian sejumlah 57 orang guru , 19 guru diambil untuk uji coba instrumen dan 38 orang guru untuk penelitian dengan teknik acak sederhana Instrumen penelitian telah di validasi dengan rumus korelasi Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Dihasil koefisien reliabitas untuk masing-masing variabel Y, X1 dan X2 berturut-turut: 0,964, 0,960 dan 0,956. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua variabel bebas secara individu berpengaruh signifikan terhadap Mutu layanan perpustakaan, dan secara bersama-sama juga berpengaruh pada Mutu layanan perpustakaan. Dari hasil analisis data ditemukan: 1. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi petugas perpustakaan sekolah dengan Mutu layanan perpustakaan dengan koefisien korelasi ry1 = 0,864 dan koefisien deteminasi = 0,748 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah dengan Mutu layanan perpustakaan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,720 dan koefisien determinasi = 0,519 3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi petugas perpustakaan sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah secara bersama-sama dengan Mutu layanan perpustakaan dengan koefisien korelasi ganda R2 y.12 = 0,868 dan koefisien determinasi = 0,754.
|