ABSTRAK Tadri. Pengaruh kepemimpinan ketua majlis dikdasmen dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Muhammadiyah di Kabupaten indramayu, Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan ketua majlis dikdasmen dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner. Populasi target dan terjangkau adalah guru Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Muhammadiyah di Kabupaten Indramayu, dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah populasi 134 dan jumlah sampel 30 orang. Penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif antara: 1) Kepemimpinan ketua majlis dikdasmen terhadap disiplin kerja guru 2) Supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru 3) Kepemimpinan ketua majlis dikdasmen terhadap supervisi kepala sekolah. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen disiplin kerja guru memiliki reliabilitas r13 = 0,944, Kepemimpinan ketua majlis dikdasmen memiliki reliabilitas r32 = 0,939, dan supervisi kepala sekolah memiliki reliabilitas r21 = 0,935, Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Hasilnya disimpulkan bahwa: pertama terdapat pengaruh positif sangat signifikan Kepemimpinan ketua majlis dikdasmen (X1) terhadap disiplin kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = -18,232 + 1,144X1, koefisien korelasi r13 = 0,990 dan koefisien determinasi r2 13= 98,10% pada taraf signifikansi ? = 0,05. Kedua terdapat pengaruh positif sangat signifikan supervisi kepala sekolah (X2) terhadap disiplin kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = - 9,996 + 1,039X2 koefisien korelasi r23 = 987 dan koefisien determinasi r223 = 974,3 % pada taraf signifikansi ? = 0,05 , ketiga terdapat pengaruh positif kepemimpinan ketua majlis dikdasmen (X1) terhadap supervisi kepala sekolah (X2) dengan persamaan regresi X2 = -5,904+1,082X1, koefisien korelasi r12 = 0,986 dan koefisien determinasi r212= 97,30 % pada taraf signifikansi ? = 0,05. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa disiplin kerja guru meningkat apabila kepemimpinan ketua majlis dikdasmen efektif dan supervise kepala sekolah dilaksanakan. Upaya mengefektifkan kepemimpinan ketua majlis dikdasmen Daerah dapat dilakukan melalui, kepemimpinan rutin, sedangkan upaya peningkatan supervise kepala sekolah dilakukan melalui, penilaian dan motivasi Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Indramayu, khususnya disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Muhammadiyah di kabupaten Indramayu Jawa Barat.
|