ABSTRAK Yanto Sugianto. Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon. Tesis. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, 1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru, 2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru, dan 3) Pengaruh Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon Jawa Barat. Hipotesis penelitian adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap kepuasan kerja guru, 2) Terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru, 3) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Target populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang ada di Kota Cirebon yang berjumlah 486 orang guru. Namun dikarenakan dengan segala keterbatasan baik waktu maupun finansial, maka peneliti menentukan target populasi terjangkau yang dilakukan melalui metode Random Sampling dengan cara diundi, hasilnya yaitu populasi dari guru yang mengajar di SMA Negeri 7, 5, dan 6 yang mewakili SMA Negeri grade A, B, dan C sehingga diperoleh target populasi terjangkau sebanyak 160 orang guru. Data dikumpulkan dengan kuesioner Konsep Diri (koefisiensi ? > 0,05), kuesioner Iklim Organisasi (Koefisiensi ? > 0,05), dan kuesioner Kepuasan Kerja Guru (koefisiensi ? > 0,05). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,747. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 55,9 % sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh Konsep Diri terhadap Kepuasa Kerja Guru ditunjukkan oleh persamaan regresi X3 =26,157+0,710X1. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Koefisien korelasi sebesar 0,888. Besarnya kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 78,8% sedangkan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru ditunjukkan melalui garis regresi X3 =18,280+0,788X2. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi. Koefisiensi korelasi sebesar 0,625. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 39% sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh konsep diri terhadap Iklim organisasi ditunjukkan melalui garis regresi X2 = 31,807 + 0,669X1. Model analisis jalur memiliki kecocokan dengan data dimana, sebesar 55,9% varians di dalam kepuasan kerja guru (X3) dapat dijelaskan oleh Konsep Diri (X1), dan sebesar 78,8% kepuasan kerja guru dapat dijelaskan melalui variabel Iklim Organisasi (X2). Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa konsep diri dapat mewujudkan kepuasan kerja guru secara langsung, maupun secara tidak langsung melalui perwujudan Iklim Organisasi guru yang produktif dan kondusif.
|