Abstrak  Kembali
ABSTRAK Fiyanti Malawati. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Profesionalitas Guru di Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Legok Kabupaten Tangerang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Kerja MTs Negeri Legok Kabupaten Tangerang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Profesionalitas Guru, seberapa besar pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Profesionalitas Guru, dan seberapa besar pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Komunikasi Interpersonal. Hipotesis penelitian yang diuji adalah sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh langsung Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Profesionalitas Guru, (2) terdapat pengaruh langsung Komunikasi Interpersonal terhadap Profesionalitas Guru, (3) terdapat pengaruh langsung Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Komunikasi Interpersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs di Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Legok Kabupaten Tangerang, sebanyak 435 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Melalui proses perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 149 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah, Komunikasi Interpersonal, dan Profesionalitas Guru adalah angket model skala Likert. Sebelum penelitian, dilakukan ujicoba instrumen terhadap 30 orang guru. Kehandalan instrumen dihitung dengan metode Alpha Cronbach?s. Hasil uji coba sebagai berikut : (1) Profesionalitas Guru telah memiliki nilai reliabilitas r13 = 0,927, (2) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah memiliki nilai reliabilitas r23 = 0,928, dan (3) Komunikasi Interpersonal memiliki nilai reliabilitas r12 = 0,968. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan sangat reliabel, kemudian data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah (X1) terhadap Profesionalitas Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 54,886 + 0,642X1, koefisien determinasi sebesar 45,8% dan koefisien korelasi sebesar 0,509 pada taraf ? = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Komunikasi Interpersonal (X2) terhadap Profesionalitas Guru (X3) dengan persamaan regresi X2 = 65,824 + 0,584X2 , koefisien determinasi sebesar 39,6% dan koefisien korelasi sebesar 0,198 pada taraf ? = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah (X1) terhadap Komunikasi Interpersonal (X2) dengan persamaan regresi X2 = 13,081 + 0,865X1, koefisien determinasi sebesar 71,7% dan koefisien korelasi sebesar 0,847 pada taraf ? = 0,05.