Abstrak  Kembali
ABSTRAK Yati Suwartini. NIM. 0908056027. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Verbal terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Labschool Kebayoran. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara strategi pembelajaran dan kreativitas verbal terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Kebayoran, Jakarta, semester pertama tahun pelajaran 2011/2012. Pendekatan eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2x2. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 68 siswa dilakukan dengan teknik random purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas verbal dan tes menulis cerpen. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis varian dua jalur (ANAVA). Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu (1) kemampuan menulis cerpen siswa yang diberikan dengan strategi induktif lebih tinggi daripada siswa yang diberikan dengan strategi deduktif . Fh (b) = 133,05 > 4,11 = Ft (0,05,1/36) , ? = 0.05, maka terdapat pengaruh strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif terhadap kemampuan menulis cerpen (2) kemampuan menulis cerpen bagi siswa yang memiliki kreativitas verbal tinggi lebih unggul dari pada siswa yang memilki kreativitas verbal rendah, diperoleh nilai Fh = 4,36 > 4,11 = Ft (0,05,1/36) , ? = 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas verbal terhadap kemampuan menulis cerpen. (3) kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki kreativitas verbal tinggi yang diberikan dengan strategi induktif lebih tinggi daripada siswa yang diberikan dengan strategi deduktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rerata menulis cerpen strategi induktif bagi siswa yang memiliki kreaativitas verbal tinggi 92,1 sedangkan rerata menulis cerpen siswa yang memiliki kreativitas verbal tinggi dengan strategi deduktif 86,8. (4) kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki kreativitas verbal rendah dalam pembelajaran menulis cerpen yang diberikan dengan strategi induktif berbeda dengan kemampuan menulis cerpen siswa yang diberikan dengan strategi deduktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rerata menulis cerpen strategi induktif bagi siswa yang memiliki kreativitas rendah 73 sedangkan rerata siswa yang menulis cerpen dengan strategi deduktif dengan kreativitas verbal rendah 72, 2. (5) tidak terdapat interaksi antara penerapan strategi pembelajaran dan kreativitas verbal terhadap kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil ANAVA, diperoleh nilai Fh = 2,37 < 4,11 = Ft(0,05,1/36) , ? = 0.05. Beradasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran induktif dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP Labschool Kebayoran, Jakarta. Kata kunci: Strategi pembelajaran, kretivitas verbal, menulis cerpen.