Abstrak  Kembali
Tesis ini membahas bagaimana kepala sekolah dalam mengelola Lembaga Pendidikan dengan mengimplementasikan supervisi Pendidikan. Mengacu pada temuan penelitian, kajian teori dan fokus penelitian dipaparkan sebelumnya maka saya selaku penulis atau peneliti akan mencoba untuk mendeskripsikan bagaimana karya tulis saya ini secara padat dan berisi melalui abstrak, Komponen yang paling strategis dan sistematik diantara komponen-komponen yang dikemukakan diatas adalah komponen guru, terutama yang berkenaan dengan kinerja dalam menampilkan kompetensinya. Dalam hal in guru sangat diharapkan dapt mengelola komponen komponen yang lain sebagai suatu system, sehingga kondisi yang ada dapat menampilkan kinerja secara optimal dengan upaya pembinaan dari kepala sekolah melalui supervisi Pendidikan. Dalam kontek kerangka pembinaan kompetensi guru professional diatas melalui supervisi Pendidikan perlu dicermati bahwa kegiatan tersebut bukan hanya menfokuskan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengelola pelajaran, tetapi juga mendorong pengembangan motivasi untuk melakukan peningktan kualitas kiinerja nya. Pengawasan atau supervisi Pendidikan tidak lain dari usaha memberikan layanan kepada stekholder Pendidikan, terutama kepada guru-guru, baik secara individu maupun secara kelompok atau individu dalam usaha memprbaiki kualitas proses dan hasil pembelajran yang diberikan oleh kepala sekolah melalui usaha tugas dan fungsinya melalui supervisi Pendidikan yang peranan ini dimiliki oleh kepala sekolah sebagai supervisor.