Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara siswa yang diajar dengan metode Sorting Card dengan yang diajar dengan metode Make a Match. (2) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. (3) Perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi bila diajar dengan metode Sorting Card dan yang diajar dengan metode Make a Match. (4) Perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara siswa yang memiliki motivasi belajar rendah bila diajar dengan metode Sorting Card dan yang diajar dengan metode Make a Match.Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Sampel diambil sebanyak 80 siswa kelas V di SDN Pekayon 03 Pagi. Hasil ujicoba instrumen penelitian menunjukkan bahwa keterandalan instrumen tes hasil belajar IPS mempunyai rtt= 0,86 dan instrumen kuesioner motivasi belajar siswa mempunyai rtt = 0,88. Analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 jalur. Hasil penelitian menyimpulkan halhal sebagai berikut: (1).Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan metode sorting card dan make a match. Dimana hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan metode sorting card lebih besar dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan metode make a match, dari hasil penelitian diperoleh bahwa harga Fhitung lebih dari harga Ftabel, yaitu 6,17 > 4,08. (2).Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa harga Fhitung lebih dari harga Ftabel, yaitu 16,10 > 4,08 (3). Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran IPS dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa harga Fhitung kurang dari harga Ftabel, yaitu 1,08 < 4,08 Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar.