Abstrak  Kembali
Penelitian ini ini bertujuan untuk menemukan pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA . Sebanyak 64 siswa kelas 5 terdiri dari 2 kelas Sekolah Dasar dipilih ssecara random dari 128 siswa yang terdiri dari 4 kelas sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPA dan Motivasi berprestasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ( 1 ) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode CTL lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah. Fh (Ab) = 5.52 > Ftab = 4.06), (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA Fₒ (I) = 7,57 > Ftab = 7.24.) (3) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode CTL lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode Ceramah untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi to = 3.6 > ttab = 1.67 ) ( 4) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode CTL lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah to = 5.98 > ttab = 1.67