Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Model
pembelajaran dan Kemandirian belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SMPN
1 Ciawi. Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah : (1) Kelompok siswa yang
diberikan model pembelajaran kooperatif mempunyai hasil belajar IPA lebih tinggi
dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran
konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan
kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA, (3) Perbedaan Hasil Belajar IPA
Siswa yang mempunyai Kemandirian belajar tinggi dan diberikan Model
pembelajaran Kooperatif dengan Model pembelajaran Konvensional, (4) Perbedaan
Hasil Belajar IPA Siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dan diberikan
Model pembelajaran Kooperatif dengan Model pembelajaran Konvensional.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah
512 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciawi. Sampel diambil secara
random (acak) sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 32 siswa
diberikan pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 16 siswa yang memiliki
kemandirian belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah,
serta 32 siswa diberikan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 16 siswa yang
memiliki kemandirian belajar tinggi dan 16 siswa memiliki kemandirian belajar
rendah.
|