Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Model pembelajaran dan Kemandirian belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SMPN 1 Ciawi. Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah : (1) Kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif mempunyai hasil belajar IPA lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA, (3) Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa yang mempunyai Kemandirian belajar tinggi dan diberikan Model pembelajaran Kooperatif dengan Model pembelajaran Konvensional, (4) Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi dan diberikan Model pembelajaran Kooperatif dengan Model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah 512 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciawi. Sampel diambil secara random (acak) sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 32 siswa diberikan pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 16 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, serta 32 siswa diberikan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 16 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan 16 siswa memiliki kemandirian belajar rendah.