Tesis ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kecerdasan emosional dan penguasaan gaya bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuaan apresiasi novel siswa kelas VII SMPN 19 Kota Bekasi, mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan apresiasi novel, mengetahui penguasaan gaya bahasa dengan kemampuan apresiasi novel. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survey, sample yang digunakan 57 siswa sebagai sample penelitian dengan teknik simple Random Sampling dari seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Kota Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pilihan ganda dan penyebaran angket, kuesioner. Analisis data terdiri dari pengujian intrumen penelitihan dengan dengan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2017.
Berdasarkan hasil hepotisis dan analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hubungan Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Gaya Bahasa dengan Kemampuan Apresiasi Novel Siswa kelas VII SMPN 19 Kota Bekasi terdapat beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional dan penguasaan gaya bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan apresiasi novel hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,345 dan ,f hitung=15,214 sedangkan f tabel 3,168 sehingga nilai sig < 0,05 dan f hitung > f tabel yang berarti regresi tersebut signifikan; 2) Terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan apresiasi novel. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,988 dan t hitung = 24,896 sedangkan t tabel = 1,673 Sehingga nilai sig =0,998 yang berarti < 0,05 dan t hitung > t tabel yang berarti ada hubungan yang signifikan. 3) Terdapat hubungan yang signifikan penguasaan gaya bahasa terhadap kemampuan apresiasi novel hal ini dibuktikan dengan nilai sig = -0.785 dan t hitung = 29,802 Sedangkan t tabel =1,673 Sehingga nilai sig = 0,785 yang berarti < 0,05 dan t hitung > t tabel yang berarti terdapat hubungan yang signifikan.
Diharapkan tesis yang berjudul Hubungan Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Gaya Bahasa dengan Kemampuan Apresiasi Novel Siswa kelas VII SMPN 19 Kota Bekasi dapat memberikan manfaat bagi penulis, siswa SMPN 19 Kota Bekasi.
|