Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antar etos kerja guru dalam
melaksankan tugas dan tanggungjawab sebagai pendidk dan hubungannya dengan
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya organisasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk menentukan jumlah populasi dan sampel hubungan antar variabel dalam sebuah populasi dengan melakukan pengukuran antar variabel pada sebelum dan sesudahnya untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena yang diteliti melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa etos kerja erat hubungannya dengan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi yaitu Hasil temuan hubungan antara kepemimpinan kepala sekolahdan budaya organisasi dengan etos kerja guru mendukung faktor-faktor etos kerja guru dalam menciptakan karakter, watak kesusilaan, kebiasaan atau tujuan moral guru serta pandangan, cara bertindak serta gagasan yang paling komprehensif mengenai tatanan serta ahlak guru dan pegawai di sekolah sebagai subyek dari etos kerja guru di perguruan Muhammadiyah Matraman. Hasil temuan hubungannya etos kerja atas kepemimpinan kepala sekolah sangat kuat dan linier memiliki koefisien korelasi r13= 0,109 pada taraf = 0,05 maupun = 0,01 sehingga setiap perubahan etos kerja ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah, begitu juga hubungan budaya organisasi sangat kuat dan linier memiliki koefisien korelasi r23= 0,097 pada taraf = 0,05 sehingga setiap produktivitas ditentukan oleh sikap budaya organisasi
Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah maupun budaya organisasi terdapat hubungan masing-masing ataupun secara
bersama-sama dengan etos kerja guru, oleh sebab itu diperlukan etos kerja guru yang tinggi sehingga mempunyai penilaian yang sangat positif.
|