Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi fungsi pertimbangan, pendukung dan pengontrol komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN rangkapan jaya dan SDN pancoran mas 1 kecamatan pancoran mas depok. Metode yang digunakan adalah metode evaluatif dengan maksud mengumpulkan data tentang pelaksanaan program kinerja, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, komite sekolah dan guru di SDN Rangkapan Jaya dan SDN Pancoran Mas 1 Depok. Bidang tersebut mengkaji tentang evaluasi fungsi pertimbangan, pendukung dan pengontrol komite sekolah yaitu pelaksanaan progam yang berupa analisis kebutuhan sekolah, layanan SDM (kepala sekolah, guru, orang tua murid dan karyawan), pencapaian target kelulusan dan kelanjutan siswa untuk melanjutkan ke jenjang sekolah selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Rangkapan Jaya dan SDN Pancoran Mas 1 Depok telah melaksanakan fungsi pertimbangan, pendukung dan pengontrol komite sekolah , namun belum secara penuh mendukung kebijakan yang ada di sekolah. Dari hasil wawancara dan telaah dokumen diketahui bahwa kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan tentang pelaksanaan fungsi pertimbangan, pendukung, dan pengontrol komite sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di SDN Rangkapan Jaya dan SDN Pancoran Mas 1 Depok pelaksanaannya belum secara efektif karena kurangnya sarana, prasarana, dan pendanaan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.