Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap dan mencari fakta mengenai evaluasi program parenting di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan, pencatatan dan pengambilan data dilakukan secara naturalistic menggunakan observasi, wawancara berstruktur, dokumentasi dan gabungan atau triangulasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah PAUD Wjaya Kusuma, tenaga pengajar di PAUD Wijaya Kusuma, dan Orang tua siswa PAUD Wijaya Kusuma. Komponen SDM tersebut erat keterkaitannya dengan proses evaluasi program Parenting di PAUD Wijaya Kusuma Jakarta Barat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi program Parenting di PAUD Wijaya Kusuma Jakarta Barat bila dikaji dengan pendekatan penelitian yang berorientasi keputusan dengan model Ketimpangan. Dari hasil data yang dianalisis ada beberapa ketimpangan atau ketidaksesuaian antara harapan dan hasil nyata di lapangan. Hal tersebut menjadi alasan tidak tercapainya tujuan dari program parenting yang diadakan di PAUD Wijaya Kusuma. Adapun implikasi dari penelitian ini ada tiga, pertama pelaksanaan program parenting yang diselenggarakan menjadi rutinitas bulanan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dan melibatkan peran serta orang tua siswa. Kedua, program parenting menjadi ajang silaturahim antara guru di sekolah dengan orang tua. Ketiga program parenting menjadi media untuk menghubungkan program sekolah dengan program di rumah untuk menghindari perbedaan dari pola asuh anak.