Abstrak  Kembali
Adiwiyata merupakan program yang berkaitan dengan lingkungan hidup dengan sekolah. Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Adiwiyata dengan menggunakan model evaluasi context, input, prosess dan product (CIPP) melalui komponen-komponen Adiwiyata yang telah ditetapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah meliputi pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada warga sekolah yaitu Kepala Sekolah, guru kelas, tim Adiwiyata, penjaga kantin, siswa-siswi dan warga sekitar sekolah. Komponen context visi, misi dan tujuan sekolah telah memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Komponen input anggaran yang digunakan untuk program Adiwiyata tidak diberitahukan kepada evaluator secara terperinci. SDM di SMP N O Mangunharjo sudah cukup memiliki kemampuan dalam menerapkan program Adiwiyata hanya ada beberapa yang masih terkendala. Struktur kurikulum yang digunakan sudah disesuaikan dengan program Adiwiyata. komponen process, karakter siswa di SMP N O Mangunharjo sudah terbentuk sehingga koordinator mudah mengarahkan serta mengembangkan kepekaannya terhadap lingkungan. Komponen product yang dihasilkan cukup banyak dalam bentuk prakarya siswa.