Adiwiyata merupakan program yang berkaitan dengan lingkungan hidup dengan
sekolah. Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Adiwiyata dengan
menggunakan model evaluasi context, input, prosess dan product (CIPP) melalui
komponen-komponen Adiwiyata yang telah ditetapkan Peraturan Menteri Lingkungan
Hidup Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah meliputi pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada warga sekolah yaitu Kepala Sekolah, guru kelas, tim Adiwiyata, penjaga kantin, siswa-siswi dan warga sekitar sekolah.
Komponen context visi, misi dan tujuan sekolah telah memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Komponen input anggaran yang digunakan untuk program Adiwiyata tidak diberitahukan kepada evaluator secara terperinci. SDM di SMP N O Mangunharjo sudah cukup memiliki kemampuan dalam menerapkan program Adiwiyata hanya ada beberapa yang masih terkendala. Struktur kurikulum yang digunakan sudah disesuaikan dengan program Adiwiyata. komponen
process, karakter siswa di SMP N O Mangunharjo sudah terbentuk sehingga
koordinator mudah mengarahkan serta mengembangkan kepekaannya terhadap
lingkungan. Komponen product yang dihasilkan cukup banyak dalam bentuk prakarya
siswa.
|