Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan apakah penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menulis wacacna argumentasi di kelas X SMA Al Muslim efektif dan apakah gagasan yang dikembangkan siswa dalam membaca wacana argumentasi dapat menunjukkan kemampuannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran inkuiri melalui wacana arguemntasi kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi dan untuk mengetahui gagasan siswa dalam membaca wacana argumentasi dapat menunjukkan perkembangan kemampuannya. Teknik mengajar dengan metode inkuiri merupakan pendekatan interaktif antara siswa, pengajar dan bahan-bahan pengajaran. Dalam teknik ini, guru memperhatikan skemata ini agar bahan pelajaran lebih bermakna. Kegiatan pembelajaran ini siswa dirangsang untuk mengembangan kemampuan berfikir dan berimanijasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian eksperimen (quasi eksperimential reseach). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al Muslim Kabupaten Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Penulis memilih siswa kelas X1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tes diolah menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 2,24 dengan derajat kebebasan sebesar 78 dan ttabel sebesar 1,99. Dengan demikian, thitung >ttabel = 2,24 >1,99.
Berdasarkan data tes awal ( pretes) dan tes akhir (postes) diketahui bahwa nilai tingkat motivasi kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dengan angka rata-rata kelompok eksperimen sebesar 7 dan kelompok kontrol sebesar 6,5. Hasil pengolahan data penelitian di atas menunjukkan bahwa metode inkuiri dalam pembelajaran wacana arguemntasi dengan menggunakan metode inkuiri di kelas X SMA Al Muslim efektif.
|