Abstrak  Kembali
ABSTRAK Shalahuddin: Pengaruh Sertifikat Guru dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Kecamatan Pamulang Kota Tangsel Banten: Magister Administrasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Kecamatan Pamulang Kota Tangsel yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang significant antara Sertifikasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Profesionalitas guru di SMP Negeri Kecamatan Pamulang Kota Tangsel baik secara parsiqal maupun secara simultan. Hipotesis penelitian yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung antara sertifikasi guru terhadap profesionalitas guru, (2) Terdapat pengaruh langsung antara kepuasan kerja guru terhadap profesionalitas guru, (3) Terdapat pengaruh langsung antara sertifikasi guru terhadap kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Path analisis. Populasi target adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Pamulang Kota Tangsel yang berjumlah 105 orang. Pengambilah sample dilakukan dengan menggunakan Tabel Krejcie dan ditentukan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampelnya adalah 40 orang. Instrument yang digunakan untuk menjaring data variable Sertifikasi Guru, Kepuasan Kerja Guru, dan Profesionalitas Guru adalah angket model skala likert. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji coba instrument terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrument dihitung dengan menggunakan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba sebagai berikut (a) sertifikasi guru diperoleh nilai reliability r = 0,874, (b) kepuasan kerja guru diperoleh nilai reliability r = 0,880, (c) profesionalitas guru diperoleh nilai reliability r = 0,914, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrument dinyatakan reliable, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara sertifikasi guru (X1) terhadap profesionalitas guru (X3) dengan persmaan regresi terlihat X3 = 93,715 + 0,340 X1, dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,56512 pada taraf ? = 0,05, Kedua terdapat pengarug langsung dan signifikan antara kepuasan kerja guru (X2) terhadap profesionalitas guru (X3) dengan persamaan regresi terlihat X3 = 82,522 + 0,425X2 dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,6500 pada taraf ? = 0,05, Ketiga terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara sertifikasi guru (X1) terhadap kepuasan kerja guru (X2) dengan persamaan regresi terlihat X2 = 85,149 + 0,410X1 dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,4434 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan profesionalitas guru dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu diupayakan cara peningkatan kepuasan kerja dan profesionalitas guru sehingga guru-guru bias berperan lenih maksimal dalam peningkatan kualitas pendidikan dilingkungan sekolah masing-masing.