Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana evaluasi program komite sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Namrole. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif degan pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada unit analisis, yaitu: Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, Guru dan Orang tua siswa. Penelitian ini memberikan gambaran tentang evaluasi program komite sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Namrole dengan tolak ukur relevansi program komite sekolah, SDM komite sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana program komite, sumber dana komite sekolah, implementasi progam komite sekolah ada kendala atau hambatan. pelaksanaan program komputer sekolah berjalan secara rutin atau priodik, prestasi akademik dan non akademik. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi ini dengan menggunakan analisis model kontext, input, proses dan produk (CIPP) diketahui pelaksanaan evaluasi program komite sekolah telah dilaksanakan tetapi belum sepenuhnya berhasil dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemdiknas terlihat dari program sekolah yang belum berjalan sepenuhnya. masih banyak kekurangan dari sisi dana komite sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Namrole. sarana dan prasarana komisi sekolah belum memadai tidak ada seperti komputer, printer, ruang tempat pertemuan komite sekolah dan tenaga operator komputer, tetapi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan komite sekolah SMA Negeri Namrole berperan dalam membantu melancarkan pelaksanaan program pendidikan dengan memberikan sumbangan terhadap program yang tidak dibiayai oleh pemerintah.