Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mengevaluasi perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Bunayya Islamic Lab-School. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model evaluasi ketimpangan (discrepancy evaluation model). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil evaluasi ini menyimpulkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Bunayya Islamic Lab-School terdapat beberapa aspek yang belum sesuai standar rencana pelaksanaan pembelajaran yang ditetapkan SD Bunayya Islamic Lab-School. Aspek yang belum memenuhi standar membutuhkan upaya untuk mencapai rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai standar. Penelitian evaluasi ini merekomendasikan beberapa hal. Pertama, pihak sekolah harus menjelaskan dengan detail visi misi SD Bunayya Islamic Lab-School dan bagaimana mengimplementasikan ke dalam perencanaan pembelajaran kepada para guru PAI. Kemudian, visi misi sekolah direview secara intensif kepada para guru PAI. Kedua, pihak sekolah harus mereview standar perencanaan pembelajaran secara intensif kepada para guru PAI dan memberikan pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ketiga, pihak sekolah harus memberikan pelatihan yang intensif kepada guru PAI tentang metode pembelajaran, gaya belajar, dan perkembangan anak. Kemudian, bagaimana hubungan ketiga hal tersebut dalam pembelajaran dan hubungannya dalam menyusun RPP PAI. Keempat, pihak sekolah perlu menyediakan atau menentukan sumber rujukan yang jelas tentang materi yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan.