Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh antara Peran Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kebayoran Lama. Metode penelitian adalah survey kausal menggunakan angket dan tes dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri di Wilayah Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan sebanyak 136 responden dan sampel sebanyak 101 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan peran orang tua (X1) terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan persamaan regresi 𝑋3 ̂ = −55,836 + 0,523𝑋1, koefisien korelasi dan r13= 0,988 dan koefisien jalur X1 terhadap X3p31= 0,542 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi berprestasi (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan persamaan regresi 𝑋3 ̂ = −52,744 + 0,564𝑋2, koefisien korelasi dan r23= 0,989 dan koefisien jalur X2 terhadap X3p32= 0,452 pada taraf signifikansi α = 0,05, (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan peran orang tua (X1) terhadap motivasi berprestasi (X2) dengan persamaan regresi 𝑋2 ̂ = −4,203 + 0,919𝑋1, koefisien korelasi dan r12= 0,989 dan koefisien jalur X1terhadap X2 p21= 0,989 pada taraf signifikansi α = 0,05.