Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Negeri se-Rayon Tajurhalang Jurusan IPA Kabupaten Bogor yang terdiri dari 7 kelas dan total seluruhnya berjumlah 246 siswa. Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154 Siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kausal dengan teknik analisis jalur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket tertutup yang telah diuji validitasnya, untuk angket perhatian orang tua sebanyak 25 item dengan koefisien reliabilitas = 0,825, dan angket Motivasi Belajar sebanyak 23 item dengan koefisien reliabilitas = 0,811. Untuk instrumen prestasi belajar tidak di uji validatasnya dan reliabilitas karena merupakan soal yang sudah terstandar dari Dinas Pendidikan . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan aplikasi SPSS 20.