pemebalajaran dan kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kedung Jaya, kelas VI semester ganjil. Tahun ajaran
2017-2018. Teknik pembelajaran yang digunakan adalah teknik pembelajaran word flow dan Complete Sentense. Teknik pembelajran word flow adalah teknik pembelajaran kata mengalir karena dalam prosesnya, kata diolah hingga membentuk kalimat, sedangkan complete sentense adalah teknik pembelajaran yang menggunakan alat bantu Lembar Kegiatan Siswa berbentuk blanko isian yang berisi paragraf yang kalimat-kalimatnya belum lengkap. Disamping itu peneliti juga ingin melihat bagaimana pengaruh kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Kemampuan membaca adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi dari bahan tertulis berupa teks atau wacana melalui suatu interaksi antara pembaca dan penulis. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 . jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 siswa dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi dan 27% siswa yang memiliki kemampuan membaca rendah. Sehingga di dapat 10 orang siswa yang memiliki kemampuan membaca tinggi dan 10 siswa yang memiliki kemampuan membaca rendah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis varians dua jalur (ANAVA) setelah itu dilanjutkan dengan uji regresi.
Penelitian ini menghasilkan 4 temuan yaitu: (1) Keterampilan menulis narasi
siswa dengan teknik pembelajaran word flow lebih baik. (2) Hasil keterampilan menulis narasi siswa dengan kemampuan membaca tinggi yang diajarkan dengan teknik pembelajaran word flow lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan midel pembelajaran complete sentense. (3) Hasil keterampilan menulis narasi siswa dengan kemampuan membaca rendah yang diajarkan dengan teknik pembelajaran complete sentense lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran word flow. (4)Terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan kemampuan membaca.
|