Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi manajemen berbasis
sekolah sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan di SDI Harapan Ibu Pondok
Pinang Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi , partisipasi, wawancara dilakukan dengan informan Kepala Sekolah, Kabag Kurikulum, Kepala TU, Humas, guru, dan orang tua Siswa. Fokus penelitian adalah Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai dasar Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDI Harapan Ibu Jakarta. Penelitian ini dapat disimpulkan bahawa tiga ruang lingkup dasar peningkatan mutu pendidikan dalam MBS yaitu : peran kepala sekolah sebagai evaluator, manajer, supervisor, administrator, motivator, inovator, leader dan penggunaan fasilitas sarana
dan prasarana yang ada di SDI Harapan Ibu Pondok Pinang Jakarta Selatan.
Bagaimana upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan untuk mutu pendidikan di SDI
Harapan Ibu adalah peningkatan prestasi akademik dan non-akademik, serta
peningkatan prestasi nilai Ujian. Faktor pendukung dalam Implementasi MBS adalah tenaga pendidik berkualifikasi pendidikan S1 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, sekolah mempunyai perogram pendidikan dan pembagian tugas yang jelas, sarana prasarana, iklim lingkungan yang kondusif.
|