ABSTRAK EGGA FAIGA. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru dan (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan berjumlah 94 orang. Sampel berjumlah 76 orang guru dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data veriabel kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan angket model skala Likert. Uji Validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kinerja guru sebesar r11 = 0,9301, hasil uji coba untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah sebasar r11 = 0,9016, dan hasil uji coba untuk variabel motivasi kerja sebesar r11 = 0,9415. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan persamaan regresi X3 = 24,52 + 0,73X1, koefesien korelasi sebesar r13 = 0,728, dan koefesien jalur p31 sebesar 0,525. Kedua, terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru, dengan persamaan regresi X3 = 53,16 + 0,57X2, koefesien korelasi sebesar r23 = 0,654, dan koefesien jalur p32 sebesar 0,303. Ketiga, terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, dengan persamaan regresi X2 = 10,14 + 0,74X1 koefesien korelasi sebesar r12 = 0,641, dan koefesien jalur p21 sebesar 0,641 Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan kualitas kinerja guru dengan cara memperbaiki gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2)
|