Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Kasubdit Perencanaan Kebutuhan Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, serta Konsultan di Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar yang menangani program Penguatan Pendidikan Karakter. Penelitian dilakukan melalui 3 (tiga) pendekatan utama, yaitu: Pendidikan Karakter berbasis kelas, Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah, dan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis masyarakat. Hasil yang diperoleh dari berbasis kelas adalah sangat baik, ini terlihat dari pembiasaan nilai-nilai karakter sebelum memulai pembelajaran diperoleh hasil 92,6% dan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pengelolaan kelas diperoleh hasil 89,1%. Pencapaian tertinggi berbasis budaya sekolah adalah pada indikator integrasi PPK dalam branding dan/atau visi misi satuan pendidikan dan pengintegrasian nilai-nilai PPK pada kegiatan ekstrakurikuler yakni sebesar 97,1%. Berbasis Masyarakat pada kegiatan yang melibatkan orang tua peserta didik dalam mendukung penguatan pendidikan karakter sebesar 97,1%. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa PPK Berbasis Masyakarat untuk hal pelibatan orang tua peserta didik telah berlangsung dengan baik.