Abstrak  Kembali
ABSTRAK Cahyati Eka Puspita. Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Motivasi Berprestasi Guru Sekolah Menengah Pertama di Bekasi Utara. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2011. Penelitian ini untuk mengkaji hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan motivasi berprestasi guru. Objek penelitian adalah guru-guru PNS SMP Negeri di Bekasi Utara. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru, (2) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan motivasi berprestasi guru, (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi bersama-sama dengan motivasi berprestasi guru. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri di Bekasi Utara dengan metode penelitian survai. Populasi penelitian berjumlah sebanyak 158 orang guru, sedangkan responden penelitian berjumlah 104 orang guru (30 orang guru untuk uji coba dan 50 orang guru untuk penelitian), teknik pengambilan sample menggunakan teknik multistrage random sampling. Data analisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Instrumen kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan iklim organisasi (X2) sebagai variabel bebas, sedangkan motivasi berprestasi guru (Y) sebagai variabel terikat. Pengujian Validitas menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan analisis butir, sedangkan reabilitas diukur dengan Alpha Cronbach. Dari penelitian ditemukan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan motivasi berprestasi guru (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0,823 pada taraf signifikan dengan ? = 0,05 dan persamaan regresi ? = 48,049 + 0,579 X1 , (2) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi (X2) dengan motivasi berprestasi guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2 = 0, 681 pada taraf signifikan dengan ? = 0,05 dan persamaan regresi ? = 42,3985 + 0,763 X2 , (3) Terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan Iklim organisasi (X2) secara bersama-sama dengan Motivasi berprestasi guru (Y) dengan koefisien korelasi ry.12 = 0,851 pada taraf signifikansi pada ? = 0.05 dan persamaan regresi ? = 24,710 + 0,307 X1 + 0,602 X2. Kesimpulan hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru malalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Bekasi Utara.