ABSTRAK Sri Utami. Implementasi Manajemen Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri -09 Petukangan Pesanggrahan Jakarta Selatan sebagai Rintisan Madrasah standar Nasional. Tesis.Jakarta: Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA, Jakarta. Kata-kata kunci : Peningkatan Mutu dalam rangka Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah. Permasalahan yang diteliti pada Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 09 Petukangan Jakarta Selatan sebagai rintisan Madrasah Standar Nasional adalah (1). Implementasi Manajemen Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) Hambatan?hambatan yang di hadapi oleh MIN -09 Petukangan Pesanggrahan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan ( 3 ) Strategi?strategi yang di lakukan dalam pelaksanaan MBS di Min-09 sehingga dapat meningkatkan Mutu pendidikan di MIN-09. Pembahasan masalah untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, penulis menyampaikan uraian tentang pengertian, karakteristik MBS, serta faktor-faktor penentu kinerja sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Penulis kemudian menyampaikan langkah-langkah guru dalam menyikapi program MBS, yaitu (1) segi akademik, guru selalu meningkatkan profesionalisme, strategi sekolah dalam rangka mempererat kerja sama dengan masyarakat. (2) Segi non akademis dengan cara mengoptimalkan ekstra kurikuler yang mengikutsertakan peran serta masyarakat untuk mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Kesimpulan dari penelitian Tesis ini adalah sebagai berikut: 1. Implementasi manajemen berbasis sekolah yang diterapkan di MIN-09 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sebagai madrasah rintisan standar nasional masuk pada kategori standar III dengan perolehan 78 % dan masih perlu perbaikan 22 % di bidang yang lainnya. 2 Hambatan yang dialami oleh MIN -09 petukangan selama ini adalah dari segi Sumber daya manusia evaluasi diri sekolah yang belum maksimal, merubah cara pandang guru dan staf dari lama ke Manajemen Berbasis sekolah, pemetaan silabus RPP berkarakter untuk semua stakeholder yang ada di MIN-09 Petukangan. 3. Strategi-strategi yang dilakukan oleh MIN-09 untuk peningkatan mutu pendidikan adalah dengan: § Penambahan jam belajar pagi hari dan pendalaman materi pulang sekolah khusus kelas VI ( masuk jam 06.00, pulang jam 15.00 ). § Melaksanakan bimbingan belajar mulai dari semester I untuk meningkatkan output sekolah. § Mengikuti Try out yang diadakan oleh lembaga-lembaga tertentu.dll
|