Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara lengkap dan
mendalam tentang: 1). Pendidikan karakter yang terdapat pada materi ajar sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas 4. 2) Kesesuaian pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. 3). Kesesuaian pendidikan karakter dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum bahasa Indonesia 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analisys), dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pendidikan
karakter yang terdapat pada materi ajar sastra. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4, terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia edisi revisi tahun 2014 yang terdiri dari sembilan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu tabel analisis.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Deskripsi keragaman
pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra sangat beragam. Pertama, olah hati sebesar 46% (23 data) berupa: religius, siddiq/ jujur, amanah, empati, cinta, syukur, keberanian, tanggung jawab, dan hati nurani. Pendidikan karakter olah hati yang tidak ditemukan adalah adil. Kedua, olah pikir sebesar 12% (6 data) berupa: pengendalian diri, bersikap positif, dan perhatian. Pendidikan karakter yang tidak ditemukan adalah kreatif dan rasa ingin tahu.
Ketiga, olah raga sebesar 24% (12 data) berupa: bekerja keras, disiplin, mandiri, keuletan (1 data). Keempat, olah rasa dan karsa sebesar 18% (9 data) berupa, peduli, gotong royong, komunikatif (4 data), kerendahan hati (2 data), dan rasa hormat/ santun (1 data). Pendidikan karakter olah rasa dan karsa yang tidak ditemukan adalah toleransi, nasionalis, dan bijaksana. keragaman pendidikan karakter ini memiliki kewajiban terhadap Tuhan sebesar 3% (2 data), terhadap diri sendiri 34% (26 data), terhadap
keluarga 10% (6 data), terhadap masyarakat dan bangsa 29% (17 data), terhadap alam lingkungan 14% (8 data). 2) Deskripsi kesesuaian pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas 4 dalam materi ajar sastra dengan tingkat perkembangan kognitif siswa sudah sesuai dengan kelima materi ajar sastra yang ada. 3) Deskripsi kesesuaian pendidikan karakter dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum bahasa Indonesia 2013 sangat tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk membuat buku pelajaran yang lebih berkualitas khususnya
sastra anak yang menyenangkan (sesuai perkembangan kognitif siswa) sekaligus memiliki pesan yang kuat (mengolah hati, pikir, rasa/ karsa, dan raga serta kewajiban terhadap Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam lingkungan).
|