Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, fakta dan informasi guna membuktikan apakah terdapat pengaruh antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan kualitas layanan. Metode penelitian adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru SMK Negeri di Wilayah Jakarta Timur II sebanyak 152 responden dan sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Hasil penelitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap Kualitas pelayanan guru (X3) dengan persamaan regresi = 125,65 + 0,35 X1, koefisien korelasi 1,00 dan koefiisen jalur p31 = 0,146 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r213 =0,208. Kedua terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru (X2) terhadap Kualitas pelayanan guru (X3), dengan persamaan regresi = 112,88 + 0,46 X2 koefisien korelasi 0,275 dan koefisien jalur p32 = 0,286 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r223 = 0,294. Ketiga terdapat pengaruh langsung Keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap disiplin kerja guru (X2), dengan persamaan regresi = 103,82 + 0,27 X1, koefisien korelasi 0,207 dan koefisien jalur p21 = 0,275 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r212 = 0,262. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan Kualitas pelayanan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Wilayah Jakarta Timur II. Penelitian ini juga memberikan indikasi bahwa kualitas pelayanan guru dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan keterampilan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru.