Focus penelitian ini adalah untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara disiplin dan motif dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner untuk variabel disiplin, motif dan prestasi belajar dengan metode survey. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan regresi linier ganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Cibinong, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motif dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Cibinong, (3) Ada hubungan yang positif
dan signifikan antara disiplin dan motif secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Cibinong. Diharapkan bahwa pihak-pihak terkait dalam hal ini Pemda Kabupaten Bogor khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Masyarakat dan Pihak Sekolah bisa bekerja sama untuk membangun budaya disiplin di kalangan Siswa dengan jalan menjauhkan hal-hal yang bisa mengganggu disiplin dan motif siswa seperti menjauhkan tempat-tempat hiburan dari lingkungan pendidikan, meminimalisir kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan pendidikan bahkan cenderung merusak.
|