Tesis ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan penggunaan media cerita rakyat pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), yaitu penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kolaborator untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap kegiatan pada setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu peristiwa proses pembelajaran menulis cerpen, subjek penelitian, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes yaitu menulis cerita pendek dan teknik nontes yaitu observasi dan wawancara. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Data yang terkumpul dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indiktor keberhasilan yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita rakyat dapat meningkatkan keaktifan, perhatian, dan minat siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Disamping itu, penggunaan media cerita rakyat juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimpikasi pada kemampuan menulis cerpen siswa. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan sebelum tindakan sampai pada tindakan setiap siklusnya. Nilai rata-rata yang dicapai sebelum tidakan 59,3. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 70,4 mengalami peningkatan sebesar 8,6%, dan pada siklus II menjadi 79,2 mengalami peningkatan 5,9%.
|