Abstrak  Kembali
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di SDN Angke 03 Pagi Jakarta Barat, dari segi konteks, input, proses, maupun output. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi data (wawancara, studi dokumen, dan observasi). Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi konteks, program pendidikan karakter sangat dibutuhkan di SDN Angke 03 Pagi Jakarta Barat, dalam rangka membentuk karakter anak yang baik. Dari segi input, terdapat beberapa program kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelaksanaan program dalam mencapai pendidikan karakter. Sarana dan prasarana selalu diusahakan untuk terpenuhinya kebutuhan dengan didukung dana BOS. Dari segi proses diketahui bahwa pelaksanaan program karakter dimasukkan dalam mata pelajaran agama dan PKN yang dicantumkan dalam silabus dan RPP dan direalisasikan dalam pembelajaran, sesuai dengan kurikulum KTSP yang digunakan. Selain itu pelaksananaan program diwujudkan dengan keteladanan dan pembiasaan sehari-hari di sekolah dalam bentuk tingkah laku yang sesuai dengan penilaian 18 karakter. Dari segi hasil, bahwa program yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik, sehingga perluuntuk dilanjutkan, namun perlu adanya beberapa pembenahan terhadap beberapa kendala yang ada di sekolah tersebut.