Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menilai proses dan hasil pembelajaran bahasa Indoensia khususya kreativitas menulis puisi siswa kelas X di SMK PKP 2 Jakarta. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi inkuiri dan ekspositori, selain strategi pembelajaran, untuk mengetahui kreativitas menulis puisi siswa diukur pula penguasaan diksi dengan menggunakan tes objektif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini antara lain: terdapat perbedaan kreativitas menulis puisi antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, terdapat perbedaan kreativitas menulis puisi antara siswa dengan penguasaan diksi tinggi dengan siswa dengan penguasaan diksi rendah, terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan penguasaan diksi terhadap kreativitas menulis puisi. Populasi tak terjangkau ditentukan langsung SMK PKP 2 Jakarta sebagai objek penelitian oleh peneliti sedangkan populasi terjangkaunya adalah kelas X SMK PKP 2 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Analis Kesehatan sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Pada kelas eksperimen diberikan strategi pembelajaran inkuiri sedangkan pada kelas kontrol diberikan strategi pembelajran ekspositori. Masing-masing kelas memiliki dua kelompok, yaitu kelompok dengan penguasaan diksi tinggi berjumalh 14 siswa dan kelompok dengan penguasaan diksi rendah berjumlah 14 siswa.