Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jakarta dengan metode penelitian Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 40 orang siswa, dipilih berdasarkan teknik acak proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan untuk kecerdasan emosional digunakan skala Likers. Instrumen hasil belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biserial dan reliabilitas dengan rumus KR-21. Instrumen kecerdasan emosional divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kecerdasan emosional sebesar r11 = 0,9761; dan untuk variabel hasil belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan sebesar r11 = 0,9571.